Sabtu, 22 Oktober 2011

semua yang bernyawa pasti akan merasaskan yang namanya mati.....!!

Posted by penk syahid on 01.46

Waktu kecil kita takut dengan kematian karena digambarkan pedihnya saat sakaratul maut. Ibarat ditusuki ribuan pedang, atau dikuliti hidup-hidup. Kini setelah dewasa saya punya pandangan lain akan ketakutan kita dengan kematian. Kita takut bukan (sekedar) rasa sakit saat mati itu, tapi ngeri dengan ketidakpastian akan apa yang akan kita temui di balik kematian. Bagaimana kalau amal kita ternyata batal tertolak semua? Bagaimana kalau dosa kita sebesar gunung sementara amal baik hanya sebutir kerikil, dan kita terlambat bertaubat? Bahkan, bagaimana kalau agama yang kita yakini selama ini ternyata salah dan menipu? (Pertanyaan terakhir itu membuat saya melakukan perbandingan agama hingga sampai pada kesimpulan saat ini.)
Rasa sakit saat mengalami kematian itu mengerikan. Namun hilangnya kesempatan dan ketidakpastian di alam kematian nanti terasa lebih mengerikan.
Dan begitulah, sebenarnya kita telah mencicipi kematian setiap malam. Tidur kita itu mirip dengan kematian. Seperti dituliskan dalam Qur’an :
Allah memegang jiwa ketika matinya dan jiwa yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan . Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir. (QS 39-Az-Zumar:42)
Dan ditiuplah sangkalala , maka tiba-tiba mereka keluar dengan segera dari kuburnya kepada Tuhan mereka. Mereka berkata: “Aduhai celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat tidur kami ?”. Inilah yang dijanjikan Yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul-rasul. (QS 36-Yaasiin:51-52)

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site

 
  • Penayangan bulan lalu